Jurusan Tadris Bahasa Inggris (TBI), Fakultas Tarbiyah INZAH mengadakan program Mahasiswa mengajar di SD Zainul Hasan Genggong Probolinggo.  Tema dari program ini adalah English without border for Kids. Program ini berlangsung selama dua hari yang dimulai pada hari, rabu (11/12/2019) hingga kamis (13 /12/2019). Program mahasiswa mengajar yang resmi di buka oleh Dr. ABD Aziz, M.Ag sebagai rektor  Inzah, Beny Hamdani,M.Pd ketua jurusan Tadris Bahasa Inggris   dan Kepala Sekolah SD Zainul Hasan bapak Achmadi S.Pd ini diikuti oleh 355 peserta didik mulai dari kelas satu hingga kelas enam, dengan 65 pengajar dari mahasiswa Semester I dan Semester III Tadris Bahasa Inggris INZAH.

Program Mahasiswa mengajar ini merupakan mid test project bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Speaking yang di berikan kepada mahasiswa TBI khususnya semester I & III. Zainuddin, dosen sekaligus pembimbing program ini menjelaskan, Mahasiswa mengajar  ini adalah program outdoor perdana dari jurusan Tadris Bahasa Inggris yang langsung terjun mengabdi di masyarakat. Tujuan di adakan program ini adalah untuk melatih jiwa mengajar setiap mahasiswa agar mengetahui secara real tentang proses pengajaran bahasa Inggris kepada peserta didik dan tidak hanya mengetahui tentang teori pengajaran di kelas saja. Selain itu, mahasiswa juga di latih untuk dapat menghadapi murid dengan sabar karena peserta program ini berusia antara 7-13 tahun sehingga para mahasiswa harus bisa memberikan kesan bahwa bahasa Inggris itu mudah dan menyenangkan. Dan yang lebih penting Mata kuliah Speaking yang telah dipelajari di kelas bisa diterapkan oleh mahasiswa kepada peserta didik dengan cara sederhana dan disesuaikan dengan kemampuan mereka agar tercipta suasana dan lingkungan berbahasa asing di sekolah khususnya bahasa Inggris pungkasnya.

Zainul Wakil, selaku kordinator dan sekaligus sebagai mahahiswa semester 3 menjelaskan persiapan program mahasiswa mengajar ini memakan waktu yang cukup lama dan membutuhkan kerjasama antar mahasiswa yang mengajar satu sama lain. Hal itu dikarenakan selain materi bahasa inggris yang diberikan kepada siswa harus sesuai arahan dosen, mahasiswa juga dituntut agar memberikan kesan bahwa bahasa Inggris itu mudah dan menyenangkan. Oleh karena, antar mahasiswa, selaku pengajar, saling memberikan masukan dan ide agar kelas menjadi menarik dan aktif. Selanjutnya Zainul wakil juga mengungkapkan harapannya semoga kegiatan ini agar dapat berjalan sukses, dan kedepannya kegiatan ini dapat berjalan berkelanjutan dengan peserta didik yang berbeda agar mahasiswa mendapatkan pengalaman mengajar lebih variatif lagi ungkapnya.

Jurusan Tadris Bahasa Inggris (TBI), Fakultas Tarbiyah INZAH mengadakan program Mahasiswa mengajar di SD Zainul Hasan Genggong Probolinggo

Navigasi pos