Pengenalan Kampus Khoiru Ummah ala PK2MB Unzah 2020

Masih dalam suasana pandemi, giat PK2MB Unzah tetap berjalan dengan lancar dan tertib sebagaimana rencana. Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PK2MB) 2020 Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) terlaksana dengan dua metode kegiatan, yaitu kegiatan secara online dan offline.

Kegiatan pengenalan kampus Unzah ini dilaksanakan dalam waktu sepekan, yaitu dimulai dari tanggal 5 – 10 September 2020. Para mahasiswa baru dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan program studi yang mereka pilih dengan didampingi oleh masing-masing seorang panitia selama kegiatan berlangsung.

Hari pertama PK2MB dilaksanakan secara online atau daring yang disiarkan secara live streaming melalui kanal YouTube dan Facebook kampus Unzah. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor UNZAH, Bapak Dr. Abd. Aziz, M.Ag. disertai sambutan oleh Ketua Panitia, yaitu Bapak Darwin Djeni, M.Sc. Pengenalan kampus pada hari pertama disampaikan oleh para Wakil Rektor (WR), yaitu WR I, WR II, dan WR III. Semua mahasiswa baru wajib mengikuti setiap kegiatan live streaming PK2MB tersebut dengan men-subscribe, like, dan membubuhkan komentar sebagai bukti bahwa mereka menghadiri acara tersebut. Untuk kemudian membuat resume singkat mengenai materi yang dipaparkan.

Pada hari kedua, live streaming dihadiri oleh KH. Mohammad Hasan Naufal (Gus Boy) sebagai narasumber mengenai sejarah, visi misi, dan perkembangan Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Dilanjutkan dengan Talkshow bertema “Mencetak Generasi Muda Bebas Radikalisme dan Kenakalan Remaja” yang disampaikan oleh Kapolres Kabupaten Probolinggo dan Ketua PCNU Kraksaan. Lalu dilanjutkan dengan pemaparan program kegiatan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) yang disampaikan oleh Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (Presma) UNZAH.

Pada hari ketiga, keempat, dan kelima dilaksanakan pengenalan semua program studi yang dihadiri oleh para Dekan dan Kaprodi masing-masing. Mahasiswa baru mengikuti acara pengenalan prodi secara offline sesuai jadwal prodi masing-masing. Pemaparan mengenai visi misi setiap prodi disampaikan oleh Ketua Program Studi, disertai tanya jawab para peserta. Di akhir acara diperkenalkan beberapa unit kegiatan mahasiswa (UKM) masing-masing fakultas atau prodi.

Hari keenam merupakan hari penutupan kegiatan PK2MB Unzah. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dengan materi pengenalan Prosedur  Akademik dan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Unzah, Lembaga Pusat Studi Bahasa Asing (LPSBA), dan Lembaga Pusat Studi Al-Quran (LPSQA) Unzah.  Kemudian dilanjutkan dengan acara istighosah bersama dan penutupan oleh Rektor Unzah.

Universitas Islam Zainul Hasan (Unzah) Genggong bertujuan untuk melahirkan sarjana intelektual yang ulama’ sekaligus ulama’ yang intelektual  sehingga mampu memberikan manfaat yang lebih luas. Menjadi kader pemimpin bangsa dan ulama’ intelektual sebagai pewaris Nabi Muhammad SAW yang terbaik, kader terbaik Nahdlatul Ulama’ (NU) dengan penguasaan ilmu pengetahuan, berakhlakul karimah, dan mampu menjawab tantangan zaman. (bapsi_red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Alamat

    Jl. P.B, Sudirman, No. 360, Kraksaan, Probolinggo, 67282. Telp/Fax: 0335-842178
  • Telepon

    0335-842178
  • Fax

    0335-842178
  • Email

    sekretariat@inzah.ac.id