Serial Outbond Ceria ala UNZAH

Tepat pada tanggal 1 Muharram 1442 H sekaligus momentum bulan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75, seluruh sivitas akademika Unzah merayakan dengan khidmat dan semangat. Tampak dari seragam kuning segar yang pagi itu telah memenuhi halaman kampus Unzah, berkumpul dalam lingkaran cinta dan kebersamaan.

Agenda outbond ceria menjadi kegiatan yang sangat ditunggu para staf Unzah setelah bergelut dengan rutinitas hitam putih kertas kerja tiap harinya. Namun sebelum agenda penuh semangat ini dimulai, waktu ber-taqarrub kepada Allah tidak boleh terlupakan. Kami melaksanakan Khotmil Qur’an sebelum berangkat ke tempat outbond akan dilaksanakan.

Khotmil Qur’an ini wajib diikuti semua peserta disertai dengan prakata yang disampaikan oleh Rektor Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Kedisiplinan dan kerja sama yang sinergis menjadi pesan Dr. Abd. Aziz, M.Ag. saat membuka agenda outbond tersebut, yang kemudian dilanjutkan dengan sarapan dan foto bersama.

Tepat pukul 08.10 WIB kami berangkat menuju Pantai Bohai tempat outbond akan dilaksanakan. Do’a dan dzikir bersama kami panjatkan agar acara ini dapat berjalan lancar sebagaimana diharapkan. Sesaat kemudian, sampailah kami di Pantai Bohai dengan sambutan hangat Ibu Hayatul Millah dan Bapak Komar rekan kami dosen Unzah sekaligus pengelola Pantai Bohai. Coffe break menjadi sarana istirahat setelah menempuh perjalanan dari kampus Unzah menuju Pantai Bohai. Iringan life music santai menambah kehangatan suasana kebersamaan kami.

Selepas istirahat sejenak, Ridho Outbond memberikan instruksi kepada semua peserta agar menuju arena. Bermacam fun game telah disiapkan dengan baik, diantaranya stretching, ice breaking game, dinamika team game, leadership game, dan team work game. Lalu dilanjutkan dengan sesi Donat Boath dan Rumah Apung yang merupakan wahana seru Pantai Bohai. Semua peserta sangat antusias dengan fun game yang dibawakan oleh tim Ridho Outbond, karena setiap game ada sisi filosofis yang dapat diambil sebagai pelajaran, khususnya dalam manajemen pekerjaan kantor.

Beberapa catatan dari pesan game mengenai manajemen kerja, diantaranya 1) fokus dalam bekerja sangat penting dalam menyelesaikan tugas dengan tepat waktu; 2) tidak merasa “paling”, namun harus merasa “saling” (saling mendukung, saling bekerja sama, saling membantu, dll); 3) bukan saja memberi komentar, namun membantu secara riil; 4) keberhasilan dalam bekerja dapat dicapai jika kita memiliki SOP yang jelas, terukur, dan terarah sebagai pedoman kerja; 5) pemimpin yang hebat adalah pemimpin yang bisa mengetahui kemampuan anggota yang dipimpin; 6) dalam bekerja harus memiliki mindset “apa yang dapat dan harus saaya berikan untuk lembaga” agar keberkahan menyertai rezeki yang diperoleh; 7) jika ingin dipahami rekan kerja, maka harus juga memahami rekan kerja; 8) refreshing adalah cara yang tepat untuk membangkitkan semangat bekerja agar menjadi lebih produktif kembali.

Jadi, outbond ceria ala Unzah tidak hanya bermakna rehat sejenak dari rutinitas kerja, namun juga ada pesan filosofis yang dapat menjadi perbaikan atas kinerja para staf Unzah. Terus belajar meningkatkan kualitas diri, terus berkarya dengan lebih produktif, dan terus bekerja lebih baik untuk masa kini dan masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Alamat

    Jl. P.B, Sudirman, No. 360, Kraksaan, Probolinggo, 67282. Telp/Fax: 0335-842178
  • Telepon

    0335-842178
  • Fax

    0335-842178
  • Email

    sekretariat@inzah.ac.id