ALIH STATUS, UNZAH KAMPUS KHOIRU UMMAH

Tepat pada hari Jum’at, 15 Ramadhan 1441 H atau 8 Mei 2019, kampus Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan melaksanakan Seremonial Penyerahan Alih Status, dari status Institut berubah kembali menjadi Universitas. Acara tersebut diselenggarakan secara telconference oleh pihak PTKI dan segenap Civitas Akademika Universitas Zainul Hasan Genggong Probolingo. Penyerahan SK Kementerian Agama RI tentang Alih Status tersebut dilaksanakan oleh Direktur PTKI, Prof. Dr. M. Arskal Salim, GP, M.Ag. kepada Rektor Unzah, Dr. Abd. Aziz, M.Ag., yang dihadiri pula oleh segenap Wakil Rektor, Dekan, dan seluruh Kaprodi Unzah. SK tersebut bernomor 394 tanggal 13 April 2010.

            Proses pengajuan alih status ini telah dilaksanakan sejak tahun 2019. Dilanjutkan dengan proses akreditasi oleh BAN-PT dengan visitasi oleh Kasubdit Kelembagaan Diktis Kemenag RI pada 18 Januari 2020. Rektor Unzah, Dr. Abd. Aziz, M.Ag. menyatakan “Rekomendasi BAN-PT telah memenuhi syarat beralih status menjadi Universitas”. Dengan itu, kampus Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan (INZAH) secara resmi telah kembali menjadi Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong, Kraksaan, Probolinggo.

            Menilik sejarah kembali, kampus Unzah mengalami beberapa tahap transformasi. Tahap pertama, sejak didirikan pada 31 Desember 1968 oleh pendiri pengasuh pertama Kampus Unzah, yaitu KH. Hasan Saifourrizal yang diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Koordinator Kesejahteraan Rakyat RI, Dr. KH. Idham Cholid bersama KH. Hasan Saifourrizal. Tahap pertama inilah kampus Unzah menjadi universitas selama 20 tahun, dengan SK Menteri Agama RI No. 038/1971.

            Tahap kedua, pada tahun 1988 kampus Unzah mengalami perubahan, karena tidak memenuhi persyaratan sebagai universitas. Hal itu disebabkan kampus Unzah pada masa itu hanya memiliki satu fakultas dan satu program studi, yaitu Fakultas Tarbiyah dengan Program Studi Sarjana Muda (BA). Maka nama Unzah berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Zainul Hasan (STIT Zaha) Genggong.

            Tahap ketiga, STIT Zaha bertransformasi menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Zainul Hasan (STAI Zaha) Genggong pada 1997. Hal ini terjadi karena adanya penambahan Fakultas Syari’ah dengan Program Studi Perbandingan Mahdzab dan Hukum, sehingga STAI Zaha pada masa itu memiliki dua Fakultas, yaitu Fak. Tarbiyah dan Fak. Syari’ah.

            Tahap keempat, pada tahun 2014 STAI Zaha berubah menjadi Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan (INZAH). Hal ini disebabkan adanya penambahan beberapa program studi baru di Fakultas Tarbiyah dan penambahan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Syari’ah dengan program studi Ekonomi Syariah, Perbankan Syari’ah, dan Manajemen Keuangan Syariah.

            Kini pada 2020, INZAH telah resmi kembali menjadi UNZAH setelah penyerahan alih status dilaksanakan secara resmi oleh Direktorat PTKI. Hal ini disesuaikan dengan persyaratan kampus sebagai Universitas telah dipenuhi kriterianya oleh kampus UNZAH. Rektor Unzah menyatakan bahwa alih status yang menaikkan level kampus, maka civitas akademika harus lebih giat dalam meningkatkan kinerjanya.

“Terlebih dalam perekrutan mahasiswa-mahasiswi baru, karena dengan beralihnya status menjadi universitas, kami juga akan menambah program studi (baru),” ungkap Dr. Abd. Aziz, M.Ag. Penambahan program studi ini meliputi Prodi Penjaskes dan Tadris IPA di Fakultas Tarbiyah. Dengan itu, beliau menargetkan agar perekrutan mahasiswa agar lebih maksimal. Alih status kampus UNZAH, kampus pelopor Khoiru Ummah ini diharapkan dapat meningkatkan tekad dan semangat para civitas akademika dalam menebar ilmu dan kemanfaatan bagi masyarakat. Disamping itu, Rektor Unzah berharap upaya ini dapat membawa barokah para Masyayikh Pesantren Zainul Hasan Genggong untuk kampus dan segenap civitas, serta masyarakat sekitarnya. Bersama membangun kampus merdeka yang terus jaya dengan prestasi, dan menebar kemanfaatan ilmu bagi kemaslahatan ummat. (Bapsi-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Alamat

    Jl. P.B, Sudirman, No. 360, Kraksaan, Probolinggo, 67282. Telp/Fax: 0335-842178
  • Telepon

    0335-842178
  • Fax

    0335-842178
  • Email

    sekretariat@inzah.ac.id

Download