• Beranda
  • Hari Santri Nasional 22 Oktober 2018

Hari Santri Nasional 22 Oktober 2018


 

22/10/2018, INZAH- Upacara Bendera dilakukan untuk Memperingati Hari Santri Nasional.  Acara ini bertempat di lapangan kampus INZAH pada jam 14.30, yang mana acara ini sebelumnya dimeriahkan oleh Launching Band INZAH pada Jam 12.30 Wib.  Upacara ini dipimpin oleh salah satu Mahasiswa INZAH,  atas nama Muhammad Zainuddin Romli Semester 3 Prodi PBA.  Dan Rektor INZAH itu sendiri  yang menjadi Pembina Upacara bendera dalam acara tersebut.
Hari Santri Nasional,  22 Oktober 2018 ini kembali diperingati di Kampus INZAH dengan mengambil tema “Bersama Santri Damailah Negeri”,  yang awal mulanya Hari Santri ini di tetapkan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo pada tanggal 22 oktober 2015.  Menilik catatan sejarah, ternyata tanggal tersebut memiliki kaitan langsung dengan peristiwa berdarah ketika Bangsa Indonesia berjuang mempertahankan kemerdekaannya. Peristiwa tersebut diberi nama deklarasi Resolusi Jihad yang dilakukan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari di Surabaya pada tanggal 22 Oktober 1945.
Sebelum pelaksanaan prosesi upacara, terlebih dahulu diisi oleh acara Launching Band INZAH. Dalam pernyataan ketua panitia (Ismatul Izza, M.Pd.I) menyatakan bahwa acara tersebut dibuat untuk memperingati Hari Santri Nasional dan untuk menggali potensi mahasiswa INZAH yang dominan terhadap musik. Kemeriahan upacara bendera Hari Santri sangat berbeda dengan sebelumnya, hal ini dilihat dari antusias Mahasiswa yang begitu semangat dan memang sebelumnya para mahasiswa telah menyaksikan penampilan dari Band Young Peace ini.
“Saya  ingin menyampaikan bahwasanya kita sebagai mahasiswa memiliki nilai-nilai santri yang tidak bisa lepas, maka saya sampaikan bahwasanya mahasiswa INZAH identitasnya adalah santri walaupun tidak mondok tetapi kesantrian harus melekat dengan satlogi santri dan 9 budi utama santri sehingga santri berakhlak dan cerdas secara intelektual  ” menurut Warek 3.

Dalam Sambutannya Rektor INZAH,  selaku pembina upacara pada Hari Santri Nasional ini,  beliau menuturkan “Kami sangat mengharap kepada mahasiswa untuk bisa menjadi mahasiswa yang berjiwa santri,  sesuai dengan Tokoh Pendiri NU kita,  yaitu KH. Hasyim Asy’ari, dan bisa mencontoh keteladan pendiri Pesantren Zainul Hasan Genggong,  yaitu Al ‘Arif Billah KH. Muhammad Hasan seppuh Genggong. ” Ujarnya Dengan penuh semangat.

Penulis : Siti Nurhaliza
Editor : Faridatus Sholeha

%d blogger menyukai ini: