Lembaga Serifikasi Kompetensi Mahasiswa Institut Zainul Hasan Genggong Probolinggo membuka kesempatan bagi mahasiswa Inzah mengikuti uji kompetensi secara gratis. Kuota uji kompetensi 280 mahasiswa terbagi ke dalam dua sesi selama dua hari yang diikuti oleh enam prodi yakni prodi Perbandingan madzhab, pendidikan bahasa Arab, Tadris Matematika, Tadris Bahasa Indonesia, Tadris Ilmu Pendidikan Sosial, dan I-tech.

Ketua LSKM, Zainuddin mengatakan, Inzah akan mewajibkan mahasiswa yang akan lulus untuk mengantongi sertifikat kompetensi dari Lembaga sertifikasi mahasiswa.

Sertifikat ini untuk menunjang para lulusan dalam proses pencarian kerja.

“Sekarang ini untuk rekrutmen karyawan baru, perusahaan atau isntitusi tidak hanya tanya ijazah tapi juga kompeten di bidang apa, selain itu ketika mahasiswa sudah terjun ke Masyarakat pasti dibutuhkan kompetensi tertentu selain ijazah untuk bisa berkontribusi bagi masyarakat luas,” jelasnya saat ditemui di gedung Aula Inzah,  Sabtu(02/10/2019).

Dia menjelaskan, Inzah menerima kuota uji kompetensi dari kampus sebanyak 280 mahasiswa. Mahasiswa minimal semester tiga dapat mendataftar.

Zainuddin mengungkapkan, proses pendaftaran uji kompetensi dilakukan di masing-masing prodi.

Setelah itu dilanjutkan verifikasi berkas dan data dengan dikontrol langsung oleh Kaprodi masing-masing.

“Uji kompetensi ini baru diselenggarakan sebanyak dua kali, jadi kami akan terus berbenah khususnya tentang skema ujian agar mahasiswa benar-benar mendapatkan kompetensi yang sesuai dengan harapan kampus” terangnya.

Beberapa skema yang diujikan untuk enam jurusan di Inzah. Di antaranya, skema ujian penguasaan kitab fathul qorib dari segi kebahasaan (Nahwu dan sorrof), segi pemahan teks, dan segi pengembangan materi oleh mahasiswa jurusan Perbandinga Madzhab, selanjutnya skema ujian penguasaan SPSS oleh jurusan Tadris Matematika.

Skema ujian berikutnya adalah kemampuan menjadi MC dan Publik speaking yang baik oleh tadris bahasa Indonesia, skema ujian kemampuan berfikir kritis tentang sosial kemasyarakatan oleh tadris ilmu pengetahuan sosial, kemampuan berbicara dan memahami teks bahasa arab dengan baik dan benar oleh tadris pendidikan bahasa Arab, skema ujian penguasaan ilmu komputer oleh jurusan I-tech, , dan skema-skema lainnya.

Zainuddin menyatakan, untuk ukuran Uji Kompetensi di perguruan tinggi kuota 280 itu cukup tinggi. Dengan demikian, bisa membantu mahasiswa yang ingin memdapatkan sertifikat kompetensi secara gratis.

Dan juga dosen yang menjadi asesor atau penguji mendapat kesempatan untuk menguji. Dosen Inzah yang menjadi asesor atau penguji sebanyak 20 dosen.

“Di dalam uji kompetensi itu tidak seperti ujian semesteran yang mana ketika tidak lulus harus mengulang total. Misalnya dalam satu skema uji kompetensi ada enam unit, yang empat unit sudah kompeten sementara yang dua unit belum, maka yang perlu diulang hanya dua unit tersebut,” terangnya.

Yang jelas, lanjut dia, uji komptensi bukan hanya tulis, ada ujian secara lisan dan praktik.

“Yang namanya kompeten itu bukan hanya knowledge, tapi juga skill dan attitude,” pungkasnya.

Lembaga Serifikasi Kompetensi Mahasiswa Institut Zainul Hasan Genggong Probolinggo 2019

Navigasi pos